Latest News

Resep Mengatasi Cacing Perut Menggunakan Buah Delima

delima
Buah Delima

Di masa silam akar delima menjadi herbal paling terkenal untuk mengobati cacing usus pada perut. Manfaat itu tercatat dalam Papyrus Ebres yang ditulis 1530 SM. Belakangan dilaporkan hampir semua bagian tanaman delima memang perawat perut paling handal.

Tanin disebut-sebut sebagai senyawa yang paling berperan. Tanin membantu usus mencerna dan menyerap protein dengan cara membentuk ikatan tanin protein. Akibatnya protein tidak dapat dimanfaatkan mikrob.

Tanin juga membius cacing gelang, cacing kremi, dan cacing pita dalam usus sehingga mereka terdorong keluar saat buang air besar. Pantas rakyat Mesir dan Vietnam sejak zaman dahulu dan sekarang  percaya cacing dapat dikeluarkan dari perut melalui feses dengan semua bagian tanaman delima.

Berikut beragam cara mengusir cacing di perut seperti dilansir Balai Jaringan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Balain IPTEKnet), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta:

  1. Cuci 7 gram akar delima yang telah dikeringkan. Potong kecil-kecil, lalu rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring dan minum airnya sekaligus.
  2. Siapkan 15 gram kulit buah delima kering dan 15 gram serbuk biji pinang. Cuci lalu rebus dengan tiga gelas air bening hingga mendidih. Dinginkan, lalu saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.
  3. Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk merata, lalu minum sekaligus.
  4. Masukkan 1 sendok makan bubuk biji delima kering ke dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk hingga merata dan minum saat perut kosong.

0 Response to "Resep Mengatasi Cacing Perut Menggunakan Buah Delima"