Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Delima Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Berikut ini berbagai manfaat tanaman buah delima untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit radang gusi, perdarahan, luka, sariawan, sering kencing, batuk yang menahun, sampai suara serak.

Lalu bagaimana cara penggunaan buah delima untuk mengatasi penyakit tersebut?, simak uraiannya berikut ini.

delima
buah delima

Radang Gusi

Siapkan 7 kuntum bunga delima, lalu cuci bersih dengan air bersih. Rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Dinginkan, saring, dan gunakan untuk kumur-kumur.

Perdarahan

Rebus 20 gram bunga delima dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Luka

Siapkan serbuk kulit buah atau bunga secukupnya lalu campurkan dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang terluka.

Sariawan

Siapkan dua buah delima segar yang sudah matang. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air, aduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan, lakukan 2-3 kali sehari, sampai sembuh.

Sering kencing

Siapkan 1 buah segar yang matang. Siapkan pula segenggam kucai, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa separuh. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Batuk Menahun

Ambil buah yang belum terlalu masak. Kunyah biji tersebut setiap malam, telan sarinya dan buang bijinya.

Suara serak dan tenggorokan kering

Ambil 1 buah delima segar yang matang. Belah dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari.


Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Delima Untuk Mengobati Berbagai Penyakit"